Kamis, 03 Januari 2013

Perayaan Tahun Baru Di Jepang !

Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 1Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 2Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 3
Quote:Sundul Gan (S)Welkom Tu Mai Trit Sundul Gan (S)

Eits...... RATE 5 nya dulu dong gan Rate 5 StarRate 5 StarRate 5 StarRate 5 StarRate 5 Star

Hot Thread #2 WowcantikWowcantikWowcantik



Bukti No Repost ! Malu (S)


Spoilerfor NO REPOST:


Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 15

Kalo masih ada yang bilang repost & gak ada bukti, ane anggep junker & laporin LKSP, REQ : Delete Post shakehand




Quote:#basabasi
Halo gan ketemu lagi ama ane Geek yang gak Geek (lho?). Setelah di trit ane (6 member AKB yg harus gw pacarin sebelum mati) SUKSES, maksudnya ane sukses dihina hina ama para FOREVER ALONE. Kini ane buat trit lagi tentang jepang, kok JEPANG MULU? bukan karena ane gak cinta Indonesia, tapi biar ente pada tau perbedaaan 2 negara ini "Indonesia & Jepang". langsung aje ye... cekinyooot...
oh iye, jangan bilang ane gak cinta INDONESIA !!!


Quote:Setiap negara tentu memiliki cara tersendiri untuk menyambut dan merayakan Tahun Baru.
Di Jepang, kegiatan menyambut tahun baru sudah dimulai sejak dua atau tiga minggu sebelum pergantian tahun.
Di daerah Kanto, hari persiapan tahun baru yang disebut o-koto hajime (お事始め, awal kegiatan) jatuh pada 8 Desember, sedangkan di daerah Kansai pada 13 Desember.
Mereka memiliki beberapa kebiasaan dan tradisi yang masih dilakukan sampai sekarang.
Selain itu masyarakat Jepang masih memegang tradisi lama dan menggabungkannya dengan aktivitas modern dalam merayakan tahun baru.


Quote:Kali ini, TS yang ganteng Cool akan menjabarkan kegiatan seperti apa saja yang dilakukan oleh masyarakat Jepang dalam menyambut dan merayakan tahun baru.
Ane mulai dengan kegiatan sebelum perayaan tahun baru.


Sebelum Perayaan Tahun Baru
Quote:Bersih-bersih atau Osouji

Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 18

Acara bersih-bersih di akhir tahun ini sedikit berbeda dengan bersih-bersih harian karena bersifat total dan besar-besaran. Kegiatan ini juga biasanya melibatkan hampir semua anggota keluarga. Semua sudut dan pojok rumah yang biasanya tidak tersentuh sapu atau lap sama sekali pada hari tersebut mulai mendapat bagian. Semua isi lemari dibongkar dan disusun ulang. Bukan cuma itu, kulkas, mesin cuci dan benda berat lainya digeser dan dibersihkan terutama bagian belakang dan bawah. Menyisakan debu dan kekotoran lain pada tahun berikutnya dipercaya akan mendatangkan pengaruh buruk pada diri atau keluarga.

Tentu saja, aktivitas ini bisa dibilang sangat melelahkan dan tidak jarang bisa berlangsung selama beberapa hari terutama bagi mereka yang mempunyai rumah cukup luas. Bagi keluarga yang anggotanya berusia lanjut tentu akan menjadi masalah besar. Biasanya anak atau keluarga lain akan ikut membantu, namun tidak jarang karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan banyak keluarga yang lebih senang memakai jasa pembersih rumah.

Sedangkan khusus untuk lingkungan kuil, aktivitas bersih bersih ini dianggap sebagai bagian dari upacara ritual.


Quote:Hiasan, Dekorosi atau sesajen

Setelah acara bersih-bersih selesai, maka dilanjutkan dengan acara mendekorasi rumah atau kantor. Ada cukup banyak hiasan yang ada, namun yang umum ditemukan adalah Shimenawa, yaitu hiasan yang digantung di depan rumah, berupa jerami yang dibentuk atau diplintir sedemikan rupa membentuk bulatan dipadu dengan daun cemara dan dipasang di depan rumah. Kemudian dekorasi lain yang biasa ditemukan adalah kagami mochi yaitu tumpukan kue mochi dan jeruk namun entah kerena alasan praktis atau apa, buah jeruk kebanyakan sudah diganti dengan buah plastik yang menyerupai jeruk.

Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 19

Untuk pusat perbelanjaan toko dan sejenisnya biasanya akan memasang hiasan yang cukup besar yang berbentuk tiga bambu runcing berukuran besar berpadu dengan daun cemara atau pohon lain. Hiasan ini disebut dengan nama Kadomatsu.

Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 20

Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 21


Quote:Berkirim Kartu Pos atau Nengajou

Sudah menjadi kebiasaan dari kebanyakan orang Jepang untuk mengirim kartu pos sebelum tahun baru yang dikenal dengan nama Nengajou. Kartu yang dikirim umumnya rata rata sekitar lima lembar untuk tiap orang atau satu keluarga, sedangkan bagi mereka yang memiliki tempat usaha (bisnis) umumnya akan lebih banyak lagi. Jadi bisa dibayangkan ada berapa juta lembar kartu post yang beredar pada acara peringatan tahun baru.

Jadi kamu bisa bayangkan betapa sibuknya petugas pos di Jepang setiap menjelang akhir tahun. Untuk mengatasi lonjakan surat yang luar biasa besar ini, pihak pos biasanya akan membuka lowongan kerja paruh waktu besar besaran pada setiap akhir tahun yang biasanya direkrut dari anak sekolahan.

Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 22

Profesionalisme petugas pos sangat dipertaruhkan saat itu, karena semua surat harus dikirim tepat waktu, tidak boleh dikirim terlambat dan juga tidak boleh dikirim terlalu cepat. Umumnya kartu pos tahun baru memiliki tanda khusus agar mudah dibedakan dengan kartu pos atau surat biasa. Umumnya kartu pos bertanda khusus ini akan disimpan terlebih dahulu, dipilah dan digabung menjadi satu serta mengirimnya pada hari yang tepat. Jadi surat akan kita dalam satu ikat berisi belasan atau bahkan puluhan kartu post ucapan tahun baru.


Quote:Menyiapkan Makanan Khusus atau Osechi

Selama tahun baru dan beberapa hari setelahnya umumnya keluarga di Jepang tidak melakukan acara masak memasak, jadi acara memasak ini dilakukan sebelum tahun baru. Makanan itu disebut dengan Osechi yaitu terdiri dari berbagai lauk pauk, ketela, ikan kering, udang dll, berwarna sedikit gelap atau coklat. Sup zōni dari kuah dashi yang berisi mochi dan sayuran merupakan salah satu masakan osechi. Berbagai macam lauk masakan osechi dimasak berhari-hari sebelumnya dan diatur di dalam kotak kayu bersusun yang disebut jūbako (重箱?). Toko swalayan besar sejak beberapa minggu sebelum tahun baru juga sudah membuka pemesanan osechi. Lauk pada masakan osechi biasanya sangat manis atau asin, seperti: kuromame, tatsukuri (gomame), kombumaki, kamaboko, kurikinton, kazunoko, dan datemaki.

Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 23

Cara membuat makanan ini relatif rumit karena ditutut harus bisa tahan selama dua tau tiga hari. Keluarga Jepang modern sekarang umumnya sudah tidak membuatnya lagi namun cukup membelinya pada toko tertentu. Makanan osechi ini berharga cukup mahal, yaitu sekitar 20 ribuan yen yang kalau dirupiahkan adalah sekitar 2 jutaan per set. Satu set umumnya terdiri dari tiga kotak kayu yang mewah dan dibungkus dengan kain bermotif yang sangat indah.


Quote:Bonenkai

Bonenkai adalah salah satu tradisi ataupun kebiasaan yang diadakan beberapa perusahaan ataupun perkumpulan organisasi di Jepang yang diadakan di sekitar akhir Desember, menjelang tutup buku tahunan. Arti secara terminologi dilihat dari kanji yang tertulis,“Bonenkai (忘年会)”memiliki makna: Pesta untuk melupakan tahun (lama).

Perayaan Tahun Baru Di Jepang ! 24

Untuk mensukseskan acara bonenkai ini, biasanya satu orang akan ditunjuk menjadi‘Kanji (幹事)’yang bertugas menjadi koordinator; Mengkoordinasi acara, melakukan pemesanan tempat dan menghubungi orang-orang yang akan berpartisipasi dalam acara tersebut. Biasanya, jauh-jauh hari, beberapa restauran ataupun hotel sudah penuh terpesan oleh beberapa group yang ingin merayakan bonenkai. Acara ini diawali dengan ‘Kanpai’ (minum bersama) yang kemudian dilanjutkan dengan makan-makan, berkaraoke, atau minum-minum sampai mabuk hingga larut malam. Berusaha melupakan beberapa hal yang tidak menyenangkan selama menjalani kerja satu tahun.


Lanjutan Ada Dibawahnya ya gan SmilieMalu (S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar