Minggu, 23 Desember 2012

Sipadan-Ligitan kini jadi resort andalan Malaysia


Sipadan-Ligitan kini jadi resort andalan Malaysia 1

Wapres Boediono dalam Peringatan Hari Nusantara 2012 di Labuan Haji, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat belum lama ini mengatakan kasus lepasnya Pulai Sipadan-Ligitan ke Malaysia agar tidak terulang lagi. Bagaimanapun, Indonesia sudah kehilangan dua pulau dengan keindahan yang sangat menguntungkan untuk dijual sebagai objek wisata.

Quote:Bagaimana wajah Sipadan dan Ligitan kini? Pulau yang sempat menjadi sengketa kedaulatan antara Indonesia dengan Malaysia kini berkembang pesat menjadi pusat objek wisata. Para turis mancanegara beramai-ramai mengunjungi pulau yang luasnya sekitar 4 km2 itu.

Beberapa situs telah memperkenalkan Sipadan-Ligitan menjadi salah satu tujuan objek wisata selam terbaik di dunia. Sipadan-Ligitan juga pernah masuk di salah satu koran Inggris The Telegraph, yang menuliskan pulau itu masuk dalam 10 besar tempat wisata terbaik disandingkan dengan Pulau Cocos di Costa Rika dan Blue Hole di Belize.

Diketahui, terdapat 3.000 jenis ikan dan ribuan jenis coral yang hidup di laut Sipadan. Jika menyelam, tak kurang dari 3 meter, terdapat ribuan jack fish dan ribuan baracuda akan mengelilingi. Selain itu, juga terdapat hewan-hewan langka lainnya yakni, hiu coral jenis black tip dan white tip, penyu hijau dan hawksbill turtle.

Pulau Sipadan-Ligitan merupakan pulau yang terletak di sekitar wilayah perbatasan antara Sabah (Malaysia) dan Kalimantan Timur (Indonesia) pada posisi 4 derajat, 7 menit dan 0 detik bujur timur dengan jarak 43 mil sebelah timur Pulau Sebatik. Pulau dengan luas sekitar 50.000 m bujur sangkar menjadi sengketa antar kedua negara Indonesia dan Malasyia.

Pada tahun 1969 diadakan perundingan penetapan landas kontinen. Indonesia berpendirian, garis batas lurus dibuat dari Pulau Sebatik, yang sudah dibagi dua dengan Malaysia, dua pulau itu mestinya masuk wilayah Indonesia. Namun Malaysia berpendapat, garis batas itu hanya sampai Pulau Sebatik, sehingga kedua pulau itu bisa diklaim sebagai wilayah Sabah. Perundingan tersebut menemui jalan buntu. Kemudian disepakatilah status quo. yang berarti di wilayah tersebut tidak ada satupun kegiatan yang berlangsung sebelum diputuskannya penyelesaian.

Namun, pengertian status quo bagi kedua negara berbeda. Malaysia menganggap status quo sebagai tetap berada di bawah negaranya sampai persengketaan selesai, sedangkan pihak Indonesia mengartikan bahwa dalam status ini berarti status kedua pulau tadi tidak boleh ditempati/diduduki sampai persoalan atas kepemilikan dua pulau ini selesai.

Tahun 1991 Malaysia sempat menempatkan pasukan polisi hutan setara Brimob untuk melakukan pengusiran semua warga negara Indonesia dan meminta pihak Indonesia untuk mencabut klaim atas kedua pulau. Seorang pengusaha Malaysia juga mendirikan resort-resort yang jumlahnya lebih dari 20 buah.

Akhirnya pada 17 Desember 2001, Mahkamah Internasional memutuskan pulau Sipadan-Ligitan termasuk wilayah Malaysia. MI memutuskan tersebut atas pertimbangan effectivity yakni tanpa memutuskan pada pertanyaan dari perairan teritorial dan batas-batas maritim. MI memutuskan Malaysia karena saat itu pemerintah Inggris yang dulunya menjajah Malaysia telah melakukan tindakan administratif secara nyata berupa penerbitan ordonansi perlindungan satwa burung, pungutan pajak terhadap pengumpulan telur penyu sejak tahun 1930, dan operasi mercusuar sejak 1960-an.


EMBER

Quote:Nasi telah Menjadi Bubur

PERTAMAKSSSS
wah masih banyak pulau lain di Indonesia yang jauh lebih bagus, bagaimana kesiapan kita, pemerintah dan semua warga negara indonesia menjaganya, jangan malah menjualnya...!!
I Love Indonesia
I Love Indonesia
I Love Indonesia

bentar lagi papua juga lepas Embarrassment
terus kalimantan......terus sumatera...... terussss Embarrassment


di lain sisi, kebo dapet gelar kehormatan lagi Embarrassment
besoknya gelar honoris causa lagi.............
besoknya lagi, album baru lagi....................


dan lagi........................................... Ngacir

megawati tolol ga bs memanfaatkan kekuatan MiliterNajis

tu pulau-pulau udah diurusin inggris dari jaman dulu yaa..? pantesan..
hikss..

Setelah lepas baru ribut, sebelom lepas dicuekin aja! Semprul!

Kalo orang jawa bilang: Don't know what you get untill it's gone!!!





Spoilerfor Jual Kunci Pintu Digital gan:

Silahkan liat2 dulu ke dalam toko kami gan Malu (S)
Atau main aja langsung ke Kunci Pintu Digital * com gan






nanti kalo inggris dan negara negara eropa dan amerika udah bangkrut....

kita serbu si malingshit aja gan.....

negara itu kan cuma negara bonekanya inggris aja....

Indonesia masih punya ratusan pulau kecil perawan lain yang bisa dikembangin. Kembangin dah tuh! Jangan baru mangap saat udah kejadian kayak gitu.

Di Aceh aja ada pulau berpenghuni yang nggak dipedulikan sama pemerintah. Apalagi yang nggak berpenghuni. Hoax? Bah. Nih liat videonya:


Sipadan-Ligitan kini jadi resort andalan Malaysia 11





Indonesia itu kaya!
Orang Indonesia itu pintar-pintar!
Bangunnya aja yang telat mulu!


Quote:Original Posted By m.e.l.o.d.y â–º
nanti kalo inggris dan negara negara eropa dan amerika udah bangkrut....

kita serbu si malingshit aja gan.....

negara itu kan cuma negara bonekanya inggris aja....


gan......malaysia tuh pinter.....mereka bisa atur cina disana.....

ga kayak kita.....malah di atur cina di sini

BONEKA INGGRIS????????? bangun dik ...hampir 2013 neh


Quote:Original Posted By m.e.l.o.d.y â–º
nanti kalo inggris dan negara negara eropa dan amerika udah bangkrut....

kita serbu si malingshit aja gan.....

negara itu kan cuma negara bonekanya inggris aja....


serbu jidat lu?Big Grin

Boneka Inggris? lu kata Indon bonekanya siapa?Big Grin


Quote:Original Posted By vatidog â–º


gan......malaysia tuh pinter.....mereka bisa atur cina disana.....

ga kayak kita.....malah di atur cina di sini

BONEKA INGGRIS????????? bangun dik ...hampir 2013 neh


Biar diperjelas dulu:
1. Apa hubungannya china sama kasus pulau sipadan dan ligitan?
2. Malaysia mengatur china? Bukannya memang tugas negara mengatur semua warga negaranya? Termasuk dalamnya india, melayu, china.
3. Indonesia diatur China?? Sejak kapan? Sejak kapan posisi strategis di Negara ini diduduki oleh etnis china walaupun sudah 7 keturunan lahir di sini?? Apakah ada china yang jadi presiden???

Jadi dasar pernyataan anda dari mana? Atau anda cuman asbun??

Kesalahan terbesar kita adalah menyerahkan kasus ini ke makamah Internasional..harusnya diselesaikan secara diplomasi bilateral dan meriam.


Visit Siberut 20132 Jempol

halah percuma juga kalau indonesia dapet sipadan-ligitan tapi gak di kelolah dengan baik oleh pemerintah
paling awal" doank di urusin lama" di tinggalCape d...

liat noh sekarang di kelolah malaysia jadi keren gitu



alaaaah...sipadan-ligitan tuh gag da apa2 nya,,,masih bnyak bah kan ribuan yg jauh lebih indah dari pada itu,,,tapi peran pemerintah nya mana...????Bingung (S)Bingung (S)
contoh propinsi ane di sumatera barat,,,di kepulauan mentawai banyak pulau2 eksotis yg kurang lebih sama kayak pulau bali,,tapi apalah daya pemerintah terkesan acuh tak acuh..baru pas kemaren ada isu2 pulau di mentawai di jual oleh asing,,baru dah pemerintah nongol...Cape d... (S)
tpi pas itu ja looo gan,,,skarang kmbali lagi adem ayem....Cape d... (S)

*kabupaten mentawai adaalah kabupaten termiskin di sumatera barat gan....Berduka (S)Berduka (S)

di bilang nyesel sih pasti nyesel, ya mau gimana lagi orang pemerintah kita dulu ga pernah ngurus nih pulauCape d... (S)

sayang bgt si sebenernya. tp mau gimana lg,kagak dikelola si ama pemerintah.biar dikelola ama yg mampu aja klo gituNgakak


Quote:Original Posted By vatidog â–º


gan......malaysia tuh pinter.....mereka bisa atur cina disana.....

ga kayak kita.....malah di atur cina di sini

BONEKA INGGRIS????????? bangun dik ...hampir 2013 neh


MalayShiit Detected ,..Oot Segala Nyampe Sambit SARA , Typis.Cape d... (S)



kirimin yakhont satu aja cukup untuk masing2 pulau..NgakakNgakak

sayang sudah bukan punya Indonesia lagiI Love Indonesia (S)

kebanyakan tidur ni pak sbyBig Grin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar