Rabu, 26 Desember 2012

Buruh vs Pengusaha


Sebelum memihak kepada BURUH atau PENGUSAHA, mari simak beberapa rangkuman berita ini.


Pandangan dari sudut BURUH



Spoilerfor :


Quote:3 Juta Buruh Demo Massal

Buruh vs Pengusaha 1

KOMPAS.com Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) menyampaikan, sekitar 3 juta buruh di seluruh Indonesia siap melakukan aksi mogok massal di beberapa wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada Rabu (3/10/2012) ini. Massa akan berunjuk rasa untuk menuntut upah yang layak berkeadilan sesuai dengan upah minimum provinsi dan penghapusan sistem outsourcing.

"Aksi mogok nasional akan dilaksanakan Rabu esok dari jam sembilan pagi sampai enam sore. Kami akan melakukan mogok kerja atau stop produksi di delapan puluh kawasan atau sentra industri di dua puluh satu kabupaten," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal saat dihubungi, di Jakarta, Selasa (2/10/2012).

Iqbal merinci, di luar 80 kawasan industri, massa buruh akan melakukan aksi di kantor DPRD seluruh Indonesia yang antara lain mencakup DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Papua, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan lainnya. Ia menjelaskan, aksi buruh yang terbesar dipusatkan di tujuh kawasan industri di Bekasi, khususnya Kawasan Ejip dengan massa 500.000 orang.

"Masyarakat diimbau untuk menghindari lokasi-lokasi tempat aksi mogok massal buruh tersebut. MPBI memohon maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia bila terganggu kenyamanannya dan terjebak macet," terangnya.

Ia menyatakan, untuk wilayah Jabodetabek, buruh beraksi di sekitar Pulogadung, Sunter, KBN Cakung, Tanjung Priok, Tol Bekasi Barat, Bekasi Timur, Cibitung, Tambun, Bantar Gebang, Cikarang, Karawang Barat, Karawang Timur, Jatake, Cikupa, Balaraja, Serpong, Jalan Raya Bogor, Simpang Depok, Citereup, Gunung Putri, dan Wanaherang.

Para pengguna jalan diimbau menghindari area tersebut untuk menghindari kemacetan.

sumber



Quote:Demo Buruh Membuat Kerusuhan

Buruh vs Pengusaha 2

BATAM-Unjuk rasa ribuan pekerja di halaman Kantor Walikota Batam, Rabu (23/11), untuk menuntut Upah Minimum Kota (UMK) Batam tahun 2012 minimal sama dengan nilai Kebutuhan Hidup Layak (KHL) berakhir ricuh. Dalam aksi demo tersebut, sedikitnya 20 orang luka dan puluhan mobil rusak.


Dari 20 orang yang mengalami luka-luka, lima orang di antaranya dilarikan ke Rumah Sakit Awal Bros (RSAB), Baloi dan RS Casa Medical Centre, Mukakuning untuk mendapatkan perawatan. "Ada sekitar 20 orang yang menjadi korban, 15 di antaranya mendapatkan perawatan medis di Klinik Kesehatan Pemko Batam, dan 5 di antaranya dilarikan ke rumah sakit," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Chandra Rizal yang memimpin langsung pemberian layanan kesehatan di Klinik Kesehatan Pemko Batam saat aksi demo berlangsung.

Dijelaskan Chandra, korban yang mengalami luka terdiri dari demonstran, petugas keamanan, petugas kesehatan, staf Pemko Batam dan wartawan. Berdasarkan pemeriksaan, kebanyakan korban luka karena terkena lemparan batu. Tapi ada pula yang terkena pukulan tongkat, bahkan satu orang terkena peluru karet. "Ada satu orang yang terkena peluru karet, namun sebagian besar korban karena terkena lemparan batu," ujar Chandra.

sumber



ALASANNYA !

Quote:Upah Buruh Indonesia Terendah Se-Asean

Jakarta - Pihak serikat buruh di Indonesia mengatakan, upah yang diterima tenaga kerja di Indonesia (khususnya Jabodetabeka) masih kalah dengan Malaysia. Bahkan Indonesia kalah jauh dengan Singapura dan Thailand.

"Kemarin sudah disepakati, Upah Minimum Provinsi (UMP) di Jabodetabeka itu Rp 2,7 juta/bulan, masih kalah dengan Malaysia," ungkapnya di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Selasa (6/11/2012).

Angka Rp 2,7 juta/bulan didapat dari hasil penjumlahan 150% X 60 Kebutuhan Hidup Layak (KHL).Tenaga kerja di Indonesia khususnya yang bekerja di kawasan padat industri Jabodetabeka, memang mengalami peningkatan gaji di 2013. Pesangon yang diterima per bulan Rp 2,7 juta dirasa masih kalah bila dibandingkan dengan Thailand, Malaysia, bahkan Singapura.

Di Thailand, pesangon yang diterima tenaga kerja per bulan adalah sebesar Rp 3,5 juta, di Malaysia Rp 4,5 juta, dan di Singapura Rp 6 juta.

"Padahal pertumbuhan ekonomi kita 6,5% loh, tertinggi di ASEAN dan PDB nomor 16 terbesar di dunia," kata Mudhofir.

Dia tidak mempermasalahkan jika pesangon di Indonesia masih kalah jika dibandingkan negara tetangga yang lain. Ia berpesan agar investor yang ingin mendirikan usahanya di Indonesia harus taat undang-undang ketenagakerjaan dan jangan eksploitasi buruh secara berlebihan.

"Teruskan tanam investasinya di Indonesia tetapi jangan eksploitasi buruh Indonesia menjadi miskin," cetusnya.

sumber





UPDATE 1

UPDATE 2


cek juga lapak dagangan ane yang lain:
-Rumah Strategis di Bandar Lampung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar