Selasa, 25 Desember 2012

ムック / MUCC -Official Fan's Thread-

SATOchi+Tatsuro+Yukke+Miya
ムック / MUCC -Official Fan's Thread- 1


MUCC Discoraphy
-----------------------------
MUCC terbentuk pertamakali di sebuah daerah bernama Ibaraki, Mito sekitar 100 kilometer dari Tokyo pada tahun 1997. Dengan formasi Tattoo vokalis, Miya gitaris, Hiro basis, dan Satochi drummer, MUCC menggelar aksi panggungnya yang pertama di Mito maichika tanggal 4 Mei 1997.

Nama MUCC yang dipilih oleh Miya berasal dari sebuah program anak-anak Ponkichies, di mana ada dua tokoh mirip Sesame's Street, yakni Muku dan Gachapin. MUCC juga dituliskan sebagai 69 yang dalam kanji ditulis "六九" bisa dibaca sebagai "muku".

Ini digunakan pula di website resmi mereka, yakni 55-69.com, menjadi Go! Go! Muku! (55=gogo, 69=muku). Dan karena itu pula bulan 6 tanggal 9 (9 Juni) ditetapkan sebagai MUCC day alias hari jadinya MUCC.


1997~1998

Setelah live pertamanya pada bulan Mei 1997 tadi, di penghujung tahun yang sama, MUCC merilis sebuah demotape berjudul 「NO?!」 dan kemudian menyusul 「Aika」 dan 「Tsubasa wo Kudasai」 yang diluncurkan terbatas dalam 100 kopi. MUCC juga turut menyumbang lagu 「Kranke」dalam kompilasi CD 「HOT INDIES BEST SELECTION Vol.1」.

Pada saat itu MUCC sudah diproduseri oleh indies-label MisshitsuNeurose records atas ajakan dari Ao, leader sekaligus vokalisnya ben cali≠gari.

1999

MUCC mengadakan ONE MAN pertama mereka, juga di Mito Lighthouse pada tanggal 14 Februari 1999. Bertepatan dengan live tersebut, Hiro sang bassist mengundurkan diri dari band, dan mereka melepas demotape 「Shuuka」.

Namun tak lama kemudian Miya mengajak teman sekolahnya dulu, Yukke untuk bergabung. Yukke pun resmi menjadi bassist tanggal 22 Februari 1999. Tatsurou lalu menyanyikan lagu 「Hana」 sebagai welcome buat sang bassist baru. Akhirnya mereka merilis album pertama mereka yang berjudul 「Antique」 pada Natal 1999 secara terbatas.

2000

Popularitas MUCC terus menanjak memasuki tahun 2000. Interview mereka yang pertama kali dimuat di majalah Fool's Mate edisi 221. Kemudian, sang vokalis Tatoo diberitakan telah meninggal dan terlahir kembali dengan nama Tatsurou. Di saat yang sama, mereka juga merubah cara penulisan MUCC menjadi versi katakana, yakni ムック (mukku).

Tepat pada hari MUCC day 2000, single mereka yang pertama, 「Shoufu/Hai」 dirilis. Dan mereka juga merilis ulang album 「Antique」 pada hari yang sama. Disamping itu mereka juga ikut menyumbang lagu 「Kokonoka」 dan 「Kokuen」 ke CD kompilasi 「NON-STANDARD FILE ~@6sight~」.

2001

Tanggal 7 Januari full album pertama mereka, 「Tsuuzetsu」 dirilis secara terbatas. Versi remaster dan remix album ini yaitu 「Tsuuzetsu~inshouchigai~」 dirilis lima bulan setelahnya. Kemudian disusul oleh singel kembar 「Akaban」 dan 「Aoban」 pada bulan Juli, serta mini album 「Aishuu」 tepat pada hari natal tahun 2001.

MUCC juga mulai mengisi acara TV seperti Hot Wave dan Jee Jee Trap. Pada saat live TWO MEN Motoyawata ROUTE14 Summer tour, terlihat Ao datang dan melintas di panggung juniornya itu.

2002

Tahun 2002, mereka meninggalkan MisshitsuNeurose records untuk secara resmi memulai label mereka sendiri, yaitu Shu, di bawah Danger Crue records dan merilis maxi-single 「Fu wo Tateru Uta」. Merekapun mendirikan fansclub bernama Shu no Tou. Saat tiba MUCC day 2002, mereka menjajakan sendiri single baru mereka, 「Suisou」 di Like an Edison Shinjuku

Sementara di hari kebalikan MUCC day, 6 Oktober 2002, album 「Homura Uta」 dirilis secara terbatas. 「Homura Uta」 dipercaya sebagai lahirnya ciri khas musik MUCC. Album ini laku keras dan edisi regularnya dirilis sebulan kemudian dengan bonus PV pertama mereka, 「Zetsubou」.

2003

Setelah merilis single pamungkas 「Ware. Arubeki basho」, MUCC resmi tergabung dengan major label Universal record. Dan kemudian merilis album major pertama 「Zekuu」 yang memuat duo maut 「Ranchuu」 dan 「Bouzenjishitsu」.

Walaupun termasuk ben major, namun mereka tetap memproduseri CD sendiri dan hanya menggunakan label Universal untuk marketing.

Dengan dirilisnya album 「Zekuu」, sempat dikabarkan bahwa para personel MUCC khawatir akan menjadi band yang terlalu komersial dengan mereka menjadi band major.

Di album 「Zekuu」 terlihat protes para member akan bagaimana mereka harus berkelakuan nantinya sebagai band major, gap pembagian tanggung jawab yang melebar, juga pekerjaan yang mulai berlipat ganda seiring bertambahnya popularitas.

Bahkan lagu 「Bouzenjishitsu」 bercerita tentang mental Tatsurou yang loyalitasnya berkurang terhadap bandnya.

Di tahun yang sama, MUCC ikut menyumbang lagu 「Kisetsu ga Kimi Dake wo Kaeru」 dalam album kompilasi 「BOOWY Respect」. Lagu ini tidak dirilis dalam album MUCC manapun.

2004

Dengan dirilisnya album 「Kuchiki no Tou」 tanggal 1 September 2004, MUCC mulai meninggalkan masa-masa awal pembentukan band yang diwarnai dengan ketidakstabilan dan perbedaan pendapat.

Lirik lagu dalam 「Kuchiki no Tou」 berpusat pada proses penghianatan-rasa bersalah-tanggung jawab. Miya mengatakan, "Kami telah berhenti menulis musik yang hanya bercerita tentang keputus-asaan tanpa pandang bulu. Dengan 「Kuchiki no Tou」 kami telah mencapai batas maksimal kami di arah musik kelam tersebut."

Di lagu 「Mikan no Kaiga」, Miya menyesali mimpi bandnya yang tak dapat Ia jaga. Di 「Monokuro no Keshiki」 Tatsurou bercerita dirinya sadar dan menyesal telah menyebabkan sejumlah masalah bagi MUCC.

Setelah live 「Kuchiki no Tou」 di Roppongi, Miya juga mengatakan, "Dengan 「Kuchiki no Tou」, masalah kami telah terkubur dan lagu ini tidak akan dimainkan dalam live. Kami tidak ingin menyesali masa lalu. Tidak ada alasan menyanyikan lagu 「Kuchiki no Tou」 sekali lagi."

Lewat 「Kuchiki no Tou」 kita dapat melihat para member telah menyadari egonya masing-masing dan sepakat memulai kembali dengan membangun musik dengan konsep yang baru.

Semenjak performance mereka bersama Miyavi, deadman dan the GazettE dalam acara Bautifool's Fest, MUCC mulai mengurangi gaya make-up visual mereka.

2005

Bulan Agustus 2005, MUCC memulai debutnya di Eropa, antara lain di Wacken Open Air. Selama tiga konser di Jerman dan Perancis, mereka mempromosikan single 「Ame no Orchestra」 dan album 「Houyoku」 yang akan dirilis bulan November pada tahun yang sama.

Beberapa fans mungkin kaget dengan perubahan musik MUCC dalam album ini yang menggunakan unsur ballad dan hard-rock, tidak hanya metal melodis yang kelam seperti lagu-lagu sebelumnya.

Mungkin gaya bermusik yang seperti sedang bereksperimen itu adalah bagian dari proses pembentukan MUCC yang baru.

Semenjak album 「Houyoku」 itu, style musik mereka tidak lagi sama satu dengan lainnya, selalu mencoba yang baru namun tetap tidak keluar dari karakteristik MUCC sendiri.

Sejak tahun 2005 ini pula MUCC mengadakan tur Eropa secara rutin di negara yang berbeda.

2006

Mulai tahun 2006, nampak produktivitas mereka dalam merilis lagu meningkat pesat. Tak kurang dari 4 single dan 3 album ditelurkan pada tahun ini. Yakni album 「6」, yang bisa dikatakan versi lebih "keras" dari album 「Houyoku」, 「COVER PARADE」, dan kemudian disusul album 「Gokusai」 pada bulan Desember.

Ketiga album dengan sentuhan musik yang bervariasi ini berhasil membuktikan ke-universalan musik MUCC tanpa menghilangkan ciri khas mereka.

Agustus 2006, MUCC menjadi salah satu tamu yang diundang untuk tampil di acara konvensi anime Otakon di Baltimore, Maryland, USA dan manggung dalam dua konser di Ram's Head Live bersama Nana Kitade.

2007

2007 nampaknya tidak seheboh tahun 2006 dalam hal perilisan lagu baru, karena MUCC hanya mengkompilasikan lagu-lagu terdahulu ke dalam 「BEST OF MUCC」 dan 「WORST OF MUCC」 pada tanggal 6 Juni. Miya mengatakan 「BEST OF MUCC」 berisikan trek-trek lagu bernuansa positif, sementara 「WORST OF MUCC」 berisikan trek-trek lagu yang sulit ditemukan pada rilisan sebelumnya.

Nama "BEST OF MUCC" sebenarnya sudah sukses membuat para fans khawatir akan bubarnya MUCC, namun untunglah hal itu tidak terjadi. Live album 「Psychedelic Analisys」 juga dirilis tahun 2007. Album ini berisikan versi audio saat live Psychedelic Analisys Tur di Shibuya AX tanggal 5 Maret 2007.

Untuk pertama kalinya, MUCC mengadakan WORLD TOUR secara ful. Mereka mendatangi Switzerland, Jerman, Denmark, dan pertamakali manggung di UK. Di Swedia, tiket terjual habis dalam 3 jam, bahkan sebelum poster livenya selesai dicetak. WORLD TOUR ini ditutup dengan mengadakan penutupan world tour di Nippon Budokan. Live ini dirilis dalam DVD WORLD TOUR FINAL BUDOKAN ''666''.

Di tahun ini pula mereka ikut manggung bersama BALZAC untuk pertamakalinya, serta turut andil dalam Jrock Revolution Festival dan Jack In The Box 2007 bersama band dari Danger Crue lainnya.

Namun ada kejadian kurang menyenangkan pada tahun 2007, dimana MUCC kurang disambut hangat oleh audiens saat menjadi band pembuka bagi Guns'n'Roses dalam acara Japan Tour GnR. Saat itu penonton merasa antipati dan tidak mengacuhkan penampilan MUCC. Parahnya lagi GnR terlambat datang dan MUCC terpaksa kembali ke panggung. Menghadapi penonton yang mulai protes lagi, Tatsurou pun berkata sambil membungkuk, "Maaf, sebagai ganti musik latar, tolong bertahanlah untuk bersama kami sebentar lagi,"

MUCC juga ikut terlibat dalam dua album kompilasi, yakni 「Luna Sea Memorial Cover Album」 dengan mengcover lagu 「Dejavu」 dan kompilasi 「ROCK NIPPON Shouji Noriko Selection」 dengan lagu 「Rojiura Boku to Kimi e」.

2008

Album masterpiece lain dari MUCC; 「Shion」, dirilis pada bulan maret lalu. Seperti sebelumnya, MUCC seperti sedang bereksperimen dengan setiap bumbu-bumbu musik yang ada.

Dalam album 「Shion」 kali ini giliran unsur etnik dan arabic yang mereka mainkan.

Sementara itu, Salah satu lagu andalan MUCC berjudul 「FUZZ」 diikut sertakan dalam CD kompilasi film Hollywood Cloverfield dalam Original Soundtracknya yang berjudul 「Cloverfield: Rob's Party Mix yang dirilis tanggal 17 Januari lalu.

Baru-baru ini, mereka berkesempatan manggung di 46 kota di Amerika dalam acara Taste of Chaos yang turut menampilkan band-band kelas dunia seperti Atreyu, A7x, D'espairsRay, dan BULLET.

Sepulangnya dari tur ToC bulan Mei 2008 lalu, MUCC turut berpartisipasi dalam Hide Memorial Summit bersama Dir en Grey, Luna Sea, X JAPAN, dan band-band lainnya. Kabarnya MUCC juga akan tampil di acara Mannatsu no Utagoe 2008.

Miya+Tatsuro+SATOchi+Yukke
ムック / MUCC -Official Fan's Thread- 2

Members :
----------------
Tatsurou (逹瑯Wink– vocals, harmonica
Miya (ミヤWink– electric guitar, acoustic guitar, backing vocals
Yukke – bass guitar, double bass, electric upright bass
Satochi (SatoちWink– drums


Albums :
--------------
Tsuuzetsu\t : 7 January 2001
Houmura Uta\t: 6 September 2002
Zekuu\t\t: 3 September 2003
Kuchiki no Tou\t: 1 September 2004
Houyoku\t : 23 November 2005
6\t\t : 26 April 2006
Gokusai\t : 6 December 2006
Shion : 26 March 2008
Kyuutai\t : 4 March 2009


Extended plays
---------------------
Antique\t: 25 December 1999
Aishuu\t: 25 December 2001


Live albums
---------------------
Kuchiki no Tou Live at Roppongi : 26 January 2005
Psychedelic Analysis : 28 March 2007


Compilations
--------------------
Cover Parade\t : 6 June 2006
Best of Mucc\t : 6 June 2007
Worst of Mucc\t : 6 June 2007
Luna Sea Memorial Cover Album : 19 December 2007
Cloverfield: Rob's Party Mix\t : 17 January 2008

Singles
-------------------
2000 :
-Shoufu/Hai

2001 :
-AobaN
-Akaban

2002 :
-Fu wo Tataeru Uta
-Suisou

2003 :
-Ware, Arubeki Basho
2004 :
-Rojiura Boku to Kimi E
-Monokuro no Keshiki

2005 :
-Kokoro no Nai Machi
-Ame no Orchestra
-Saishuu Ressha

2006 :
-Gerbera
-Ryuusei
-Utagoe
-Horizont

2007 :
-Libra
-Flight
-Fuzz

2008 :
-Ageha

2009
-Sora to Ito

Video
------------
2003 Natsu no Tour (December 10, 2003)
Mucc History DVD The Worst (December 22, 2004)
Tonan no Hoyoku (図南の鵬翼Wink(March 29, 2006)
Mucc World Tour Final 666 at Nippon Budokan (December 10, 2006)
Mucc -Live Chronicle- (November 28, 2007)
Mucc -Live Chronicle 2- (December 24, 2008)


"di kutip dari berbagai info"Big Grin

Official MySpace:
www.myspace.com/muccofficial

kalo juragan2 punya info lainnya tentang mucc tolong share ya?Onigiri:Forum Music

SATOchi+Yukke+Tatsuro+Miya
ムック / MUCC -Official Fan's Thread- 10

kok reviewnya gak dibikin di satu post aja gan??Amazed
trus tolong ditaro juga creditnya kalo ternyata ngambil dari mana"

gue dengerin MUCC.
album terbaik mereka menurut gw itu 6.
meskipun sekarang musiknya gak sekeras dulu dan dandanan eroguro mereka sudah mulai ditinggalkan, tapi masih enak didengerin

maap gan dobel
koneksi lambat, jadi beginiPeace

nih gan mukkunya jakarta....Big Grin
ムック / MUCC -Official Fan's Thread- 14


Quote:Original Posted By underdesign â–º
kok reviewnya gak dibikin di satu post aja gan?? Amazed
trus tolong ditaro juga creditnya kalo ternyata ngambil dari mana"

gue dengerin MUCC.
album terbaik mereka menurut gw itu 6.
meskipun sekarang musiknya gak sekeras dulu dan dandanan eroguro mereka sudah mulai ditinggalkan, tapi masih enak didengerin


tdnya mau dibuat satu post, tapi gak cukupNohope

lupa ngambil dari mana aja, ada yg dari wikipedia jugaEmbarrassment

kalo menurut gw, mucc lebih kentel mucc-nya di tahun 2004 kebawah, eroguro-nya berasa banget. kesini2 musik mereka jadi kebanyakan instrumen n bukan kaya mucc yg dulu, tapi tetep keren sih! ya walaupun musik mereka berubah, tapi karakter mereka gak.Cool

MUCC-nya Jakarta? Onizuka ya?

[QUOTE=dack_janiel's;98241634]
kalo menurut gw, mucc lebih kentel mucc-nya di tahun 2004 kebawah, eroguro-nya berasa banget. kesini2 musik mereka jadi kebanyakan instrumen n bukan kaya mucc yg dulu, tapi tetep keren sih! ya walaupun musik mereka berubah, tapi karakter mereka gak.Cool[/QUOTE]

masa" awal tuh gan, masih kentel banget eroguronya....
musiknya masih cadas pisan, penuh distorsi.
tapi album 6 yg rilis 2006 masih kerasa kok....Metal:

Quote:Original Posted By Alu â–º
nih gan mukkunya jakarta....Big Grin
ムック / MUCC -Official Fan's Thread- 22


ONIZUKA memang manstapWowcantik
feel MUCC-nya selau dapet, lengkap dengan topeng mereka


tapi ada juga gan MUCC_nya bandung.....


Spoilerfor bandung punya....:


KISABAN*ga punya potonyah




cadas abis, mainnya rapih, feelnya dapet banget.
kalo perform kadang bwa crowd sendiri....
top markotop lahthumbsup:


Quote:Original Posted By Alu â–º
nih gan mukkunya jakarta....Big Grin
ムック / MUCC -Official Fan's Thread- 26


wakakakakak ada onizuka disini, eh MUCC!!! keren ini threadnya!


Quote:Original Posted By feira85 â–º
wakakakakak ada onizuka disini, eh MUCC!!! keren ini threadnya!


sankyu gan!

bantu sundul yaSundul:

iya yg album 6 masih keras, masih asik. gw demen sama Tatsuro kalo perfom mangstab banget dah, sama miya juga sampe kaya setan kalo manggung!

gw mao nanya nih gan, kira2 Tatsuro nge-rokok gak ya? kalo member yg laen kan pada ngeroko tuh. soalnya gw belon pernah liat dy nge-rokok, tapi suaranya berat gitu, tapi tetep mangstab2 aja dah!!

salut wat Onizuka.thumbsup:

o iya, gw juga punya band yg terinfluence dari mucc, tapi sayang udah buabarFrown

sekedar inpo gan!!

gw liat diforum lain yg bilang Album MUCC yg Shion dirilis di Indonesia ternayata bener. tadi gw coba ke toko musik Dis*Ta**a trus gw nanya ternyta benr ada MUCC - Shion. tapi sayang gw kaga beli soalnya gak megang duit lebih aman tinggal 1 lagi tuh CD. kan jarang2 ada CD original band kaya MUCC di Indonesia.

ムック / MUCC -Official Fan's Thread- 30

kalo agan2 pada mau beli, langsung berburu ketoko kaset aja.

lagi tur bareng a7x sama bullet for my valentine ini kan ye mucc


Quote:Original Posted By wimbo2k5 â–º
lagi tur bareng a7x sama bullet for my valentine ini kan ye mucc


Yo'i bener banget!!Sundul:


Sundul:Sundul:Sundul:


Sundul:Sundul:Sundul:Sundul:


Sundul UpSundul UpSundul Up


share inpo-nya ya gan?
Sundul UpSundul UpSundul Up

numpang ikutan gan,masi newbie dengerin mucc.iya gan emang album mucc yang shion dijual di WOM juga.gw sempet kaget liatnya.kirain laruku doang yg ada ori nya disiniBig GrinBig GrinBig Grin
baru denger mucc nih di album baru nya yg kyuutai.yg shion enak ga??

ane dengerin semua lagu mucc gan! iya kaget ane, tapi koq yang kyuutai gak dirilis disini juga ya?

yg shion ke arabian2 gtu dah, tapi tetep kenceng and asoythumbsup:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar